Pemanfaatan Reaksi Asam Basa di Bidang Kesehatan

Bagi kalian yang sedang mencari artikel Pemanfaatan Rekasi Asam dan Basa di Bidang Kesehatan dari modul Kimia 2 untuk kelas XI yang sudah dirangkum bisa melihatnya disini. Saya menulis lagi dari buku modul yang sudah dibaca pada artikel ini. Semoga saja ini dapat bermanfaat yah 😀

Pemanfaatan Reaksi Asam Basa di Bidang Kesehatan

asam basa di bidang kesehatan

Pada bidang kesehatan, prinsip reaksi asam basa dimanfaatkan untuk mengobati penyakit maag, sengatan lebah, dan sengatan tawon. Apakah kalian pernah mengalami sakit maag ? Obat apa yang biasanya kalian gunakan untuk mengobati penyakit maag ini ? Sakiat maag disebabkan karena lebihnya asam yang diproduksi lambung sehingga menimbulkan iritasi pada selaput lendir lambung.

Lambung merupakan sebuah organ pencernaan yang berfngsi sebagai tempat untuk menyimpan makanan dan cairan yang telah dikunyah. Didalam lambung, makanan akan digiling kembali menjadi bentuk yang lebih kecil dan halus untuk dialirkan ke bagian awal dari usus kecil (duodenum). Lambung dapat memproduksi asam lambung yang mengandung asam klorida dan pepsin atau hormon pencernaan, asam tersebut berfungsi untuk membantu pencernaan makanan.

Meskipun asam klorida bersifat korosif, tapi asam klorida ini tidak merusak lapisan lambung karena didalam palisan lambung terdapat mukosa yang berguna untuk melindungi lambung dan alat pencernaan lainnya dari kekorosifan asam. Jadi dalam kondisi normal asam diperlukan untuk membantu pencernaan dalam mengoblah makanan. Jika produksi asam lambung belebih, ini akan menyebabkan lapisan mukosa iritasi sehingga lambung menjadi luka.

Untuk menurunkan asam lambung yang berlebihan, dapat mengkonsumsi obat maag yang bisa dikenal juga dengan antasid yang didalamnya mengandung senyawa basa atau garam yang bersifat basa.

Senyawa basa dapat menetralkan kelebian asam lambung. Semain banyak kadar senyawa basa didalam obat maag, maka semakin banyak asam yang dapat dinetralkan sehingga lebih efektif mengatasi gejala sakit maag dengan tuntuas. Senyawa basa atau garam bersifat basa yang terkandung dalam obat maag diantaranya magnesium hidroksida, alumunium hidroksida, alumunium karbonat, kalsium karbonat, dan natrium bikarbonat.

Prinsip rekasi asam dan basa juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati sengatan lebah atau tawon. Berdasarkan hasil penelitian, sengatan lebah mengandung campuran asam amino, asam formiat, asam klorida, dan asam fosfat, serta adajuga sengatan tawon yang mengandung senyawa basa.

Dengan mengetahui jenis senyawa yang terkandung dalam sengatan lebah dan tawon, kita dapat memprediksikan cara mengobati sengatannya. Asam yang terkandung dalam sengatan lebah dapat dinetralkan dengan senyawa basa seperti sabun ke kulit yang tersengat. Adapun basa yang terkandung dalam sengatan tawon dapat dinetralkan dengan menambah senyawa asam seperti asam cuka.

Nah teman, itulah penjelasan dari Pemanfaatan Reaksi Asam Basa di Bidang Kesehatan yang sudah saya rangkum dari modul Kimia 2 untuk kelas XI.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *