IPA : Pengertian dan Fungsi Lambung

Untuk kalian pada siswa atau siswi yang sedang mencari Pengertian dan Fungsi Lambung dengan isi yang sudah lengkap dan dirangkum secara detail bisa melihat dibawah ini. Saya sudah merangkum dari beberapa sumber buku IPA : Pengertian dan Fungsi Lambung yang kemudian saya tulis didalam sebuah artikel ini. Simak saja langsung yah 🙂

obat sakit maag

Lambung atau ventrikulus adalah sebuah kantung besar yang berada disebelah kiri rongga perut. Lambung sering disebut juga dengan perut besar atau kantung nasi yang merupakan tempar terjadinya sejumlah proses pencernaan. Didalam lambung terdapat tiga bagian yaitu bagian kardiak (atas), bagian fundus (tengah yang membulat), dan bagian pilorus (bawah).

Kardiak atau bagian lambung atas terletak dengan hati yang terhubung dengan kerongkongan. Pilorus atau bagian bawah lambung terhubungan langsung dengan usus dua belas jari. Pada bagian ujung lambung atas dan bawah ada klep atau sfinger yang mengatur masuk dan keluarnya makanan ke dan dari lambung.

Dinding lambung terdiri atas otot-otot yang tersusun secara melingkar, memanjang, dan menyerong. Otot pada dindinding lambung ini berkontraksi untuk mengaduk makanan agar bercampur secara merata dengan getah lambung, dan makanan yang sudah diaduk tersebut akan berbentuk seperti bubur. Pada dinding lambung juga terdapa sel kelenjar yang mempunyai fungsi untuk pencernaan dan menghasilkan getah lambung. Getah lambung ini mengandung air musin (lendir), asam lambung, enzim renin, dan enzim pepsinogen. Getah pada lambung ini bersifat asam karena mengandung asam lambung.

Asam lambung mempunyai fungsi untuk membunuh kuman penyakit atau bakteri yang masuk bersama makanan dan juga berfungsi untuk mengaktifkan pepsinogen menjadi pepsin. Pepsin ini dapat memecah protein menjadi pepton dan proteosa. Enzim reninn dapat mengumpulkan protein susu (kasein) yang ada didalam susu. Adanya enzim renin dan pepsin mengindikasikan bahwa didalam lambung terjadi proses pencernaan kimiawi. Tidak hanya mengahasilkan enzim pencernaan, dinding lambung juga dapat menghasilkan hormon gastrin yang berguna untuk pengeluaran (sekresi) getah lambung.

Gerakan didalam lambung yang berdungsi mengaduk makanan yang dimulai dari bagian atas lambung sampai ke bagian bawah dapat terjadi secara terus-menerus ketika lambung berisi makanan ataupun kosong. Pada saat lambung terisi makanan, gerak mengaduk pada lambung lebih giat dibanding saat lambung kosong.

Pasti kalian pernah merasakan sakit dan berbunyi karena perut kosong, hal itu disebabkan karena lambung sedang mengaduk atau bergerak ketika lambung tidak terisi makanan atau kosong.

Makanan yang berada didalam lambung dapat bertahan sekitar tiga sampai empat jam. Makanan berserat bahkan dapat bertahan lebih lama dari makanan lainnya. Ketika sudah diproses oleh lambung, makanan yang kalian konsumsi ini sedikit demi sedikit akan keluar menuju usus 12 jari melalui sfingter pilorus.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *